Minggu, 16 September 2018

Manfaat dan Efek Samping Temulawak



Temulawak memang tanaman yang dijadikan sebagai obat tradisional di Indonesia. Temulawak memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik bagi kesehatan manusia. Biasanya temulawak sering dijadikan olahan seperti bubuk jamu dan obat dalam bentuk sirup.

Manfaat Temulawak

1.       Menambah Nafsu Makan
Dari zaman dahulu temulawak memang dikenal sebagai obat untuk menambah nafsu makan anak. Saat anak susah diajak makan dan nafsu makannya berkurang makan para orang tua memberikan ramuan yang terbuat dari temulawak.Namun karena anak sangat suka bermain terkadang itu juga menjadi penyebab anak susah makan.

2.       Mengobati Gangguan Pencernaan
Ada beberapa penyakit seperti diare, kembung, atau bahkan dispepsia dapat diobati dengan temulawak. Temulawak juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

3.       Meredakan Nyeri Haid
Saat mengalami menstruasi biasanya wanita mengalami nyeri. Nah untuk meredakan nyeri tersebut dapat diatasi dengan minum temulawak.

4.       Mengobati Masuk Angin
Temulawak dapat digunakan untuk mengobati masuk angina. Kandungan yang ada di dalam temulawak  dapat mengobati mmasuk angina sekaligus sakit kepala.

5.       Mengatasi Masalah Usus Besar
Khasiat temulawak juga bisa digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit dan gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar, gangguan kantong empedu, dan penyakit liver. Kondisi seperti ini biasanya diiringi rasa seperti kembung, mual, dan  nyeri uluh hati.

6.       Memengaruhi Metabolisme Lemak
Metabolisme lemak adalah proses penguraian asam lemak untuk menjadi energi bagi tubuh.

Efek Samping Temulawak

Meskipun temulawak memiliki banyak sekali manfaat, namun jika mengkonsumsinya tidak berlebihan atau dengan dosis yang tepat maka akan baik untuk kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu saat mengkonsumsi temulawak sesuaikan dengan umur, kondisi kesehatan dan latar belakang penyakit. Berikut adalah efek samping dari temulawak

1.       Menyebabkan iritasi lambung
Temulawak memang asnagt baik bagi pencernaan. Tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan iritasi pada lambung.

2.       Masalah Pencernaan
Jika lambung sudah mengalami iritasi tetapi tetap mengkonsumsi temulawak maka akan menyebabkan sembelit atau diare. Bila dibiarkan maka dapat membuat seseorang mengalami dehidrasi serta gangguan kesehatan lainnya.

3.       Detak Jantung Lebih Cepat
Temulawak memang baik untuk kesehatan jantung. Mengkonsumsi terlalu banyak temulawak membuat detak jantung lebih cepat terutama pada penderita hipertensi. Oleh sebab itu, jika setelah mengkonsumsi temulawak anda merasa gelisah atau merasa berdebar-debar sebaiknya segera hentikan atau kurangi mengkonsumsi.

4.       Memperparah Gangguan Liver
Bagi penderita gangguan liver dan kantung empedu sebaiknya menghentikan penggunaan temulawak. Sama seperti kunyit, temulawak juga dapat meningkatkan produksi empedu. Sehingga dapat memeperparah kondisi yang sudah ada. Bagi yang menderita batu empedu sebaiknya konsultasikan pada dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi temulawak.

5.       Memperparah Kerusakan Giinjal
Mengkonsumsi temulawak secara berlebihan membuat kerja ginjal semakin berat. Itu terjadi karena jika residu temulawak sampai tertahan dan mengendap di dalam ginjal maka fungsi serta kinerjanya menurun. Ada baiknya konsumsi air putih terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi temulawak.

6.       Meningkatkan Resiko Kandung Kemih
Apabila ginjal mengalami gangguan, maka kandung kemih juga ikut terpengaruhi. Karena ginjal adalah penyaringan yang setelah itu di biang melalui saluran kandung kemih. Oleh karena itu jika ginjal keberatan mengatasi zat dari temulawak maka saluran kandung kemih juga iku terganggu.

Itulah manfaat dan efek samping dari temulawak. Asal mengkonsumsi dengan tidak berlebihan hasilnya akan menyehatkan. Karena apapun yang berlebihan itu tidak baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar