Jumat, 14 September 2018

Permainan Yang Baik Bagi Anak


Anak memang sangat suka bermain. Bermain merupakan hal terpenting bagi kehidpan anak. Dunia bermain memang tak akan pernah lepas dar kehidupan anak-anak. Yang pasti jangan pernah larang anak untuk bermain. Bermain bukan hanya sekedar besenang-senang tetapi bermain juga dapat membangun kreativitas, imajinasi dan keterampilan anak.

Berikut Permainan Yang Baik Untuk Anak

1.       Permainan Bebas



Bermain bebas maksudnya membebaska anak untuk bermain apapun. Tujuannnya agar anak bebas berpikir, bergerak, dan berimajinasi tanpa batas. Contohnya adalah dengan bermain lilin mainan. Terserah anak mau membuat bentuk apapun tapi sebagai orang tua kita juga harus mengapresiasi ya bun. Mengapresiasi bertujuan agar anak terus bersemangat dan berusaha untuk menjadi lebih baik. Jika anak berbuat salah jangan dibiarkan ya bun, berikan dia nasehat agar kedepannya menjadi lebih baik.

2.       Membiarkan Anak Bermain Sendiri

Tidak semua permainan kita juga bisa ikut bermain. Terkadang sabagai orang tua kita hanya perlu sebatas mengawasi saja. Ini bertujuan untuk  membentuk sikap kemandirian pada anak. Dengan begitu anak akan menjadi lebih percaya diri.

3.       Berikan Permainan Edukatif


Permainan edukatif bermanfaat untuk melatih konsentrasi dan meningkatkan kemampuan motorik anak. Sekarang permainan edukatif sangat mudah ditemukan. Banyak sekali permainan edukatif yang sangat baik bagi anak. seperti puzzle, lego, lilin mainan dll.

4.       Ajak Anak Untuk Bermain di Tempat Wisata


Anak sangat suka pergi ke tempat wisata. Terkadang ia juga meminta untuk berwisata ke pantai, taman bermain dll. Saat di ajak ke tempat wisata ajak anak untuk bercerita. Menceritakan pengalamannya saat berwisata juga  sangat baik untuk meningkatkan daya ingatnya. Saat berwisata juga aka nada banyak hal yang dapat menambah wawasan anak

5.       Ajak Anak Untuk Bermain Lari-lari


Selain menyehatkan lari merupakan hal yang sangat digemari anak-anak. Ajak anak untuk berlari di tempat yang aman ya bun agar keslamatannya juga terjaga. Terkadang saat bermain anak jadi lupa waktu. Tapi jangan sampai anak telat makan ya bun, berikan ia makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi. Namun saat nafsu makan anak kurang baik alangkah baiknya juga diberikan nutrisi/suplemen tambahan agar anak menjadi doyan makan. Selain untuk meningkatkan nafsu makan madu gemuk anak juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Sebenarnya ada banyak sekali permainan atau aktifitas positif yang baik bagi anak. Misalnya berolahraga, olahraga pun banyak sekali macamnnya seperti cartur, bulutangkis, berenang, dll. Aktifitas tersebut juga dapat meningkatkan kelincahan pada anak. Berikan juga makanan yang bergizi terutama sayur dan buah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar