Selasa, 18 September 2018

Menambah Nafsu Makan Anak



Menambah nafsu makan anak sangat baik untuk  dilakukan bagi anak yang susah makan. Ini bertujuan agar tubuh anak tidak kekurangan nutrisi. Untuk meningkatkan nafsu makan anak ada banyak cara yang dilakukan. Berikut adalah berbagai macam cara yang bisa dilakukan agar nafsu anak meningkat,

1.       Berikan Makanan yang Menarik


Maksudnya gimana nih, makanan menarik. Maksud dari makanan yang menarik adalah makanan yang divariasikan aneka bentuk dan rasa agar anak lebih menyukai dan tertarik untuk memakannya. Caranya dengan membuat aneka bentuk dan warna. Oiya bun jangan lupa pilih makanan sehat. Jika ingin menggunakan pewarna sebaiknya pewarna alami yang terbuat dari sayur atau buah.

2.       Ajak Anak untuk Menyiapkan Makanan


Dengan mengajak anak untuk ikut menyiapkan makanan anak akan menjadi lebih senang dan bersemangat. Karena anak lebih menyukai hal-hal yang ia bisa ikut terlibat secara langsung. Oleh karena itu mengajak anak menyiapkan makanan juga sangat membantu dalam meningkatkan nafsu makan.

3.       Berikan Suplemen Penambah Nafsu Makan


Vitamin/suplemen/madu gemuk penambah nafsu makan anak umumnya mengandung bahan- bahan yang dapat meningkatkan nafsu makan. Vitamin/suplemen/madu gemuk biasanya telah diuji di laboraturium untuk mengamati manfaatnya. Memberikan vitamin atau suplemen juga efektif untuk menambah nafsu makan anak.

4.       Ajak Anak Makan Dengan Suasana yang Berbeda


Anak akan merasa senang sekali apabila diajak jalan2. Sesekali ajak anak makan di luar rumah bersama keluarga agar ia merasa tidak bosan. Selain itu makan bersama keluarga lebih bermanfaat untuk meningkatkan keakraban satu dengan lainnya.

5.       Berikan Alat Makan Yang Menarik


Anak sangat menyukai tokoh-tokoh kartun. Anda juga bisa memberika alat makan yang menarik sesuai dengan tokoh kartun yang ia sukai. Misalnya piring bergambar tokoh kartun atau gelas2 yang unik sehingga anak tertarik dan senang saat menggunakannya.

6.       Berikan Camilan Sehat
Anak sangat menyukai camilan. Kadang ia juga suka jajan dan jajanan yang ia makan belum tentu sehat. Maka dari itu memberukan camilan sehat sangat baik dan tidak berbahaya bagi tubuh anak. Oleh karena itu memberikan camilan sehat juga sangat efektif agar anak tidak terlalu makan jajan sembarangan.

7.       Ajak Anak Untuk Membuat Sesuatu


Mengajak anak untuk membuat sesutau misalnya makanan atau kue yang ia sukai juga sangat efektif untuk meningkatkan nafsu makannya. Anak sangat suka jika terlibat langsung dalam membuat makan.

Nah silahakn mencoba bun, memberikan makanan yang  bernutrisi sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Maka dari itu sediakan makanan yang bukan sekedar enak tetapi juga memiliki kandungan gizi yang lengkap.
Itulah sedikit tips untuk menambah berat badan anak. Semoga informasi tersebut bermanfaat ya bun 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar