Minggu, 23 September 2018

Pentingnya Sayur dan Buah Bagi Anak

sayur dan buah



Sayur sangat penting dan wajib dikonsumsi bukan hanya untuk anak tapi untuk segala usia. Memperkenalkan sayur sejak anak-anak sangat penting untuk membiasakan agar anak doyan makan sayur. Sayur mengandung vitamin, serat, dan zat-zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh agar tubuhnya sehat dan gemuk. Oleh karena itu sayur menjadi makanan wajib untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh terutama anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan.
Manfaat Sayur Bagi Tubuh
1.       Sayur mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin E, Kalsium dll. Zat-zat tersebut sangat penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan.

2.       Sayuran dapat mencegah dehidrasi pada anak-anak karena di dalamnya mengandung cairan yang bermanfaat bagi tubuh.


3.       Sayuran yang memiliki kandungan serat yang tinggi dapat mencegah sembelit. Sehingga pencernaan menjadi lancar.

4.       Sayuran dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung, kanker, darah tinggi dll.

Sayuran memang penting bagi tubuh. Apalagi bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Mengkonsumsi sayuran sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya. Oleh karena itu biasakan anak untuk mengkonsumsi sayuran. Namun faktanya masih banyak anak yang tidak menyukai sayuran.

Cara Agar Anak Doyan Makan Sayur
1.       Berikan olahan yang menarik. Sayur dapat dibuat menjadi berbagai macam olahan. Buatlah olahan yang rasanya enak dan menarik agar anak menyukai sayuran. Misalnya dibuat nugget, dibuat kue dll.
2.       Berikan madu gemuk anak. Madu gemuk sangat baik untuk meningkatkan nafsu makan anak. Madu gemuk mengandung bahan lain seperti temulawak, albumin dan gamat yang sangat baik bagi  tubuh.
3.       Berikan pemahaman tentang pentingnya sayur bagi tubuh anak. Sehingga anak mengetahui manfaatnya dan efeknya apabila ia tidak makan sayur.
Nah untuk itu, sebagai orang tua kita harus mengupayakan supaya anak doya makan sayur. Karena sayur sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Ada aneka jenis sayur yang dapat anda variasikan setiap hari. Sehingga anak tidak mudah bosan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar